Tips Cara Perawatan Dan Penyembuhan Luka Diabetes

Taukah anda bahwa penyakit diabetes ini merupakan penyakit dengan peringkat nomer 4 didunia. Pada umumnya penderita penyakit diabetes atau kencing manis ini akan menghadapi yang mana luka diabetes, baik luka diabetes kering ataupun basah. Luka yang terjadi pada penderita diabetes baisanya sulit untuk disembuhkan, lebih parahnya lagi luka pada penyakit diabetes ada yang sampai diamputasi.

Merawat Luka diabetes pada kaki atau gangren  terutama pada kaki sangatlah membutuhkan perhatian yang lebih khusus lagi. Luka diabetes yang terdapat pada kaki memang mengganggu peredaran vaskular dan juga terganggunya neuropati, dan infeksi. Alasan inilah yang menyebabkan luka diabetes sulit hilang dan sulit sembuh. Namun tenang saja berikut ini ada beberapa cara ampuh anda untuk menjaga dan merawat luka diabetes atau gangren.

Penyembuhan Dan Perawatan Luka Diabetes

  1. Jangan Diperban
    Mendapati luka diabetes sebaiknya jangan diperban, karena ketika luka ini diperban akan menyebabkab luka tersebut menjadi lebih lembab dan juga akan bertambah lama untuk bisa sembuh
  2. Jangan Buka Perban Dengan Gunting
    Hal ini dialarang akan dikhawatirkan proses pengguntingan akan mengenai kulit lain yang tentunya masih bagus dan akibatnya akan menimbulkan luka baru lagi.
  3. Gunakan Gunting Steril
    Kalaupun ingin menggunakan gunting, maka gunakanlah gunting yang steril untuk membuka perban tersebut.
  4. Jangan Menggunakan Kapas
    Sebaiknya jangan menggunakan kapas ketika akan membalut luka dengan perban, karena hal ini akan berakibat iritasi yang kemungkinan akan terjadi pada luka diabetes.
  5. Bersihkan Luka
    Anda bisa bersihkan luka diabetes tersebut menggunakan air yang bersih dan handuk yang bersih.
  6. Keringkan Luka
    Setelah luka beres diberishkan maka keringkan dari air luka tersebut, lantas kita berikan salep antibiotik dan taburi antibiotik yang berbentuk serbuk.
  7. Jangan Menggunakan Alkohol
    Baik yang terdapat dalam obat, sebaiknya menghindari obat yang mengandung alkohol
  8. Biarkan Luka Kering
    Sebaiknya ketika luka diabetes tersbeut selesai ditaburi dengan antibiotik, jangan diperban, dan biarkan saja terbuka supaya luka tersebut cepat kering dan juga sembuh.

Mendeteksi lebih awal akan terkenanya penyakit diabetes atau tidak tentunya akan jauh lebih baik, supaya jika kita lebih awal mengetahui penyakit diabetes maka kita setidaknya bisa melakukan pencegahan selanjutnya seperti melakukan gaya hidup yang sheat.

Hal ini dilakukan bertujuan supaya menghindari terjadinya komplikasi diabetes, termasuk salah satunya masalah luka penyakit diabetes. Itulah beberapa diantaranya mengenai pengobatan dan perawatan untuk luka diabetes. Semoga infomasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *