Jenis Penyakit Yang Di Tandai Dengan Gejala Nyeri Ulu Hati

Apakah anda sering kali mengalami nyeri ulu hati? jika ya, harap anda jangan menganggap sepele kondisi tersebut, seperti hanya dengan membiarkannya ataupun dengan mengonsumsi obat pereda nyeri ulu hati tanpa sebelumnya anda memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut di karenakan nyeri ulu hati dapat menjadi gejala atau pertanda awal dari beberapa jenis penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit berbahaya.

penyakit yang di tandai dengan gejala nyeri ulu hati

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami kondisi ini. Keadaan ini tentunya membuat penderitanya tidak merasa nyaman. Menurut Dr. Pandji Mulyono Spd KEMD FINASM, sakit pada ulu hati merupakan gejala awal dari beberapa penyakit. Lalu apa saja penyakit yang di tandai dengan gejala nyeri ulu hati? Untuk informasi lebih lengkapnya, anda dapat menyimak uraian berikut ini.

Jenis penyakit yang di tandai dengan gejala nyeri ulu hati

Ada beberapa kondisi masalah kesehatan yang di tandai dengan nyeri pada ulu hati, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Dispepsia

Nyeri ulu hati yang anda alami, ada kemungkinan di sebabkan oleh dipepsia. Kondisi ini dapat di sebabkan oleh pengeluaran asam lambung yang berlebih, pertahanan dinding lambung yang lemah, infeksi helicobacter (jenis bakteri yang hidup di lambung), gangguan gerakan saluran pencernaan dan stres psikologis. Selain dari pada sakit di ulu hati, gejala yang mungkin timbul dari kondisi ini adalah mual, muntah, perut terasa penuh, sering bersendawa dan lainnya. Umumnya dispepsia sendiri sering di alami oleh mereka yang masih muda.

2. Radang lambung atau GERD

Selain dispepsia, pemicu nyeri pada ulu hati lainnya adalah radang lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini di sebabkan akibat asam lambung naik hingga mulut, dan terkadang mulutpun menjadi terasa pahit. Selain nyeri di ulu hati, gejala lainnya dapat berupa  dada terasa sakit seperti di cengkram. GERD sendiri umumnya sering di sebabkan akibat faktor makanan yang kurang terjaga, terlalu sering mengonsumsi jamu pegal linu, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

3. Ulkus Duodenum (luka di usus 12 jari)

Penyakit lain yang dapat memicu rasa sakit pada ulu hati adalah ulkus duodenum atau luka di usus 12 jari. Selain dari pada itu, penyakit inipun seringkali menyebabkan rasa sakit pada lambung bagian bawah hingga bagian kanan pusar.  Kondisi ini sering kali di sebabkan akibat asam lambung yang meningkat, namun perut dalam keadaan kosong yang pada akhirnya dapat melukai usus.

4. Penyakit jantung

Dan yang terakhir, nyeri ulu hati bisa jadi gejala utama dari penyakit jantung. Mengapa seperti itu? Pasalnya penderita penyakit jantung, tak hanya merasakan rasa nyeri pada bagian dada saja, melainkan dapat menjalar ke perut hingga bagian bawah sekalipun. Kondisi tersebut dapat terjadi pada saat penyumbatan terjadi pada  di bagian perut atau koroner bagian bawah. Maka dari itu, anda patut mewaspadai jika anda mengalami nyeri ulu hati, yang disertai dengan usia yang telah memasuki 30 tahun ke atas dan anda tergolong gemuk, karena ada sedikit kemungkinan gejala nyeri pada ulu hati adalah pertanda awal dari penyakit jantung.

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan meremehkan nyeri pada ulu hati. Tak hanya cukup dengan mengonsumsi obat alami nyeri ulu hati, anda harus segera memeriksakan kondisi anda ke dokter jika nyeri ulu hati yang anda alami sangat sering. Dan sebagai pencegahan untuk meminimalisir terkena penyakit tersebut, anda dapat melakukan pola hidup sehat sedini mungkin. Diantaranya:

  • Jangan makan makanan berat sebelum tidur.
  • Saat tidur, pilih bantal yang agak tinggi agar asam lambung tidak mudah naik.
  • Hindari pola makan tidak sehat.
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Hindari pemakaian busana ketat.
  • Hindari makanan yang dapat menimbulkan asam lambung.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar jenis penyakit yang di tandai dengan gejala nyeri ulu hati. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menamah wawasan anda khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *