Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Bagi wanita payudara adalah lebih dari sekedar sebagai bagian dari tubuh mereka. Payudara adalah kurva kewanitaan, dimana yang pertama kali membuat terlihat sebagai wanita menarik. Dalam banyak hal, payudara lebih sebagai melambangkan wanita, daripada bagian anatomi lain dari tubuh perempuan.

Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Untuk mengangkat payudara sebenarnya lebih dari sekedar penderitaan fisik. Batu atau kursi kewanitaan nya bisa benar-benar hancur. Namun, banyak dari kematian akibat kanker payudara  dapat dicegah dengan pemeriksaan diri, pemeriksaan secara klinis rutin dan mamografi . Kanker payudara yang terdeteksi cukup dini, masih dapat memberikan sebagian besar perempuan dapat hidup lima tahun kemudian. Sebaliknya, jika deteksi terlambat, pemulihan dan persentase kesempatan hidup bisa jatuh sangat jauh. Beberapa Penelitian telah menunjukkan secara meyakinkan bahwa mamografi adalah metode yang paling efektif dan dapat diandalkan untuk mendeteksi kanker payudara secara dini.

Berikut ini beberapa cara mencegah kanker payudara sejak dini yang dapat anda lakukan antara lain:

  • Menjaga berat badan
  • Menghindari alkohol karena dengan mengkonsumsi lebih dari 1 minuman yang mengandung alkohol dalam sehari, dapat meningkatkan resiko sebesar 20%-25%.
  • Mengkonsumsi buah dan sayur seperti brokoli, kecambah, kubis, berry, buah jeruk, ceri. Dan sebaiknya dalam pemasakan, dilakukan sebentar saja atau dengan memakannya secara mentah.
  • Berolahraga teratur minimal 30 menit sehari.
  • Meminimalkan mengkonsumsi lemak jenuh, lemak trans dan omega-6 dan memaksimalkan lemak omega-3 misalnya pada ikan, lemak tak jenuh tunggal karena bersifat anti kanker.
  • Mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan porsi atau dapat mengganti dengan kacang-kacangan yang mempunyai serat tinggi.
  • Mengkonsumsi produk-produk dari kedelai secara teratur misalnya tahu, tempe, susu.
  • Menghindari polusi lingkungan dan mencuci produk non-organik sebelum dimakan untuk membersihkan pestisida yang menempel.
  • Berfikiran positif dan mengurangi atau berhenti merokok.
  • Menyusui atau memberikan ASI.

Kenali tanda-tanda gejala kanker payudara, antara lain:

  • Terdapat benjolan pada payudara namun tidak terasa sakit.
  • Terasa gatal dan ruam atau peradangan yang terjadi terus menerus di area sekitar puting.
  • Terjadi pendarahan atau terdapat cairan yang tidak biasa yang keluar dari puting.
  • Pembengkakan dan penebalan pada kulit payudara.
  • Kulit di payudara mengkerut.
  • Melesaknya puting ke dalam.

Pemeriksaan diri yang dilakukan secara teratur,  akan memungkinkan anda untuk menjadi lebih akrab dengan keadaan normal payudara Anda. Dan ini akan membuat anda selalu sadar setiap ada perubahan selama periode beberapa waktu . (Introspeksi diri umumnya harus dimulai pada usia 20 tahun). Kalau tidak diri wanita itu sendiri, lalu siapa lagi yang bisa mengenal lebih dekat kondisi payudara. Pemeriksaan diri sendiri kanker payudara seperti:

Periksa payudara dikamar mandi
Tangan akan lebih mudah bergerak diatas kulit yang basah. Gunakan telapak tangan anda untuk meraba dan menelusuri diatas seluruh permukaan payudara. Carilah setiap ada benjolan yang tidak biasa, nodul atau penebalan.

Baca juga: Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Kanker

Didepan cermin
Periksa payudara anda dengan lengan disamping tubuh anda, kemudian angkat tangan diatas kepala anda. Carilah setiap bentuk kecil perubahan bentuk payudara anda, bengkak atau kelainan pada kulit, atau adanya perubahan pada puting.

Sambil berbaring
Untuk menguji payudara kanan, letakan bantal atau handuk yang dilipat dibawahnya. Pertama kali, ikutin lingkaran terluar, kemudian mulai meraba dengan arah jam imajiner dilokasi sekitar dua belas, geser jari anda ke pukul satu, dan seterusnya. Adanya jaringan dibagian bawah payudara itu cukup normal. Untuk mulai mengikuti lingkaran konsentris baru, pindahkan jari anda sekitar 2 cm ke arah puting anda, dan periksa seluruh payudara anda termasuk puting. Dalam rangka untuk meraba seluruh payudara, anda harus membuat sekitar lima lingkaran. Ulangi proseudr ini untuk payudara kiri dengan menempatkan ibu jari dan telunjuk. Jika ada cairan dalam bentuk apapun, maka segeralah untuk periksa ke dokter sepesialis payudara.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *