Macam-Macam Penyakit Kulit Menular dan Cara Mengatasinya

Penyakit kulit merupakan penyakit yang dapat dialami oleh semua kalangan. Penyebabnya pun sangat beragam bisa karena alergi, virus, cuaca, lingkungan sekitar atau karena kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Obat Penyakit Kulit yang paling tepat sangatlah diperlukan untuk mengatasi penyakit kulit karena dapat muncul berbagai macam keluhan seperti rasa panas pada kulit, gatal kemerahan atau bahkan kulit yang melepuh.

Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai macam-macam penyakit kulit dan cara mengatasinya secara alami. Penasaran ? Yuk simak terus artikel di bawah ini…

Macam-Macam Penyakit Kulit Menular dan Cara Mengobatinya

Berikut ini adalah macam-macam penyakit kulit yang menular cara mengobatinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sering kita temukan, yakni sebagai berikut :

eksim kering

  • Eksim

Penyakit eksim merupakan penyakit yang banyak dialami oleh bayi dan balita. Eksim merupakan penyakit yang terjadi karena reaksi alergi terhadap jamur yang menetap pada kulit di bagian tertentu. Ciri-cirinya yakni kulit tampak merah terkadang sedikit basah, daerah yang terkena eksim akan terasa kering, menebal dan keropeng sesuai dengan jenisnya.

Cara mengatasinya yakni bisa dilakukan dengan menggunakan Kunyit dan Asam Jawa, yakni dengan menyediakan 2 rimpang kunyit dan segenggam daun asam jawa, cuci kemudian tumbuh sampai lumat. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang mengalami eksim.

campak

  • Campak

Campak adalah kondisi dimana terjadinya infeksi akibat virus. Penyakit ini dapat memunculkan ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Gejalanya yakni mata merah dan sangat sensitif terhadap cahaya, sakit tenggorokan, hidung beringus dan tersumbat, demam, dan terdapat bercak putih keabu-abuan disekitar mulut dan tenggorokan.

Campak dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya, caranya yakni hanya menempelkan cairan lidah buaya pada ruam yang mengalami campak. Hal ini dapat menyebabkan kulit akan terasa lebih tenang dari berbagai mcam peradangan dan kemerahan. Selain lidah buaya, ada cara lain untuk mengobati campak yakni dengan jus lemon sama seperti lidah buaya tempelkan jus lemon pada daerah yang terkena campak sehingga kulit akan mengering dan gatal pun akan berkurang.

herpes

  • Herpes

Herpes atau cacar merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kulit menjadi melepuh. Penyebabnya yaitu infeksi Virus Herpes Simplex. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat menular, ditandai dengan suhu tubuh yang tinggi, sakit tenggorokan dan muncul bintik merah yang membentuk gelembung cairan.

Cara mengatasi campak bisa dengan ramuan teh hijau, seduh teh hijau kemudian masukkan handuk kecil ke dalam seduhan teh hijau kemudian tempelkan sambil tekan pada daerah yang mengalami herpes selama kurang lebih 30 menit.

impetigo

  • Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang sangat menular yang sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Penyebabnya yakni karena masuknya bakteri dan virus melalui luka pada kulit akibat sayatan, gosean atau karena gigitan serangga. Gejalanya yaitu : kulit melepuh dan terasa sakit, kulit melepuh menyebar dalam waktu yang singkat, akibat lepuhan kulit tersebut akan meninggalkan kerak berwarna kuning.

Cara mengatasi impetigo bisa dengan campuran minyak pohon teh dan minyak zaitan. Minyak pohon teh berkhasiat sebagai antiseptik alami terbaik sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Caranya yakni dengan mencampurkan 3-4 sdt minyak pohon teh dengan beberapa tes minyak zaitun, aduk sampai rata lalu oleskan pada daerah yang mengalami impetigo minimal 3 kali sehari.

psoriasis

  • Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh reproduksi sel kulit yang cepat sehingga menyebabkan kulit menjadi merah, kering dan menebal. Seseorang yang menderita psoriasis akan terasa terganggu apalagi akan ada rasa minder saat bergaul dengan orang lain.

Cara mengatasinya yakni dengan menggunakan daun sambang darah dan daun lidah buaya. Cara mengolah nya yakni cuci kedua bahan tersebut sampai bersih lalu haluskan dan tempelkan pada bagian yang sakit sambil di balut. Ganti balutan tersebut 2-3 kali sehari.

Demikian lah beberapa penyakit kulit menular dan cara alami mengatasinya, semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *